Harga Bawang Merah

image

Harga jual bibit bawang merah di Kabupaten Brebes kini melambung. Itu terjadi karena permintaan di tingkat petani yang tinggi, menyusul dimulainya musim tanam kedua. Sementara, stok bibit dipasaran menipis karena tak banyak petani yang menyetoknya.

Aminudin Aziz (40), petani bawang merah asal Kelurahan Pasar Batang, Kecamatan Brebes, mengatakan bahwa dalam tiga hari terakhir harga bibit melambung. Semula harga jual bibit bawang lokal siap tanam antara Rp 11.000 – Rp 13.000/kg. Namun, kini melonjak hingga Rp 18.000 – Rp 20.000/kg. “Ini tergatung kualitasnya. Semakin baik, harganya semakin tinggi,” katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bibit itu terjadi dipicu karena stok di tingkat petani kosong dan permintaan tinggi. Petani di Brebes kini lebih banyak menjual seluruh hasil panennya ke pasaran, daripada diproses untuk menjadi bibit. Hal itu karena harga bawang konsumsi saat ini sedang tinggi. Bawang kualitas super dan kering untuk kiriman luar Jawa, sekarang harganya menembus Rp 12.000/kg. Sedangkan kualitas besar harganya antara Rp 10.000 – Rp 11.000/kg, kualitas sedang Rp 9.000 – Rp 10.000/kg. “Biasanya saat harga bawang normal, petani tak menjual seluruh hasil panennya. Sebagian kami simpan untuk bibit. Tapi, sekarang dijual seluruhnya karena harga bawang sedang tinggi,” ungkapnya.

http://www.suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s